Tatap Muka Kapolsek Siantan dilaksanakan diluar Kantor Desa Peniti Luar

Mempawah ,Mentarikhatulistiwa.id– Kapolsek Siantan, Polres Mempawah, Iptu Rahmad Kartono, menggelar kegiatan tatap muka dengan unsur pemerintahan dan masyarakat dengan tema “Bincang-bincang Bareng Kapolsek Siantan”, Senin (15/3/2021) pagi.

Dalam kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor Kepala Desa Peniti Luar itu, tampak hadir Camat Jongkat yang diwakili Kasi Pemerintahan, Ngadiharti, Danramil 01 Jungkat yang diwakili Sertu Bujang Yahya.

Kemudian, hadir pula, Plt Kepala KUA Jungkat, Muchlis, Kades dan unsur Pemerintahan Desa Peniti Luar, Ketua RT dan RW Desa Peniti Luar, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama Desa Peniti Luar.

Kapolsek Rahmad Kartono, di awal penjelasannya, memaparkan soal tantangan tugas dan bencana yang tengah dialami saat ini, meliputi pandemi Covid-19, Karhutla dan antisipasi terjadinya banjir maupun bencana alam lainnya.

Terkait adanya peningkatan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Jongkat, masyarakat diimbau tetap menerapkan, mematuhi dan menaati protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

“Karena tanpa adanya bantuan dan kerjasama masyarakat, pandemi ini akan semakin sulit diatasi. Semoga kita bersama dapat memutus mata rantai penyehbaran Covid-19, khususnya di Kecamatan Jongkat,” imbuh Rahmad Kartono.

Selanjutnya, Kapolsek Siantan juga menjelaskan isi Peraturan Menteri Pertanian Nomor 05/Permentan/KB.410/1/2018 tentang Pembukaan atau Pengelolaan Lahan Perkebunan tanpa Membakar.

“Atas adanya Permentan ini, saya mengimbau agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Jika pun lahan memang ingin dibakar, hendaknya menyampaikan pemberitahuan kepada aparat desa sehingga dapat dilakukan upaya antisipasi terjadinya karhutla,” tegas dia.

Soal semakin banyaknya bencana pohon tumbang di beberapa lokasi, Kapolsek mengungkapkan, pihak forkopimcam Jongkat sudah menyampaikan surat kepada Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Mempawah, yang disertai data-data pendukung, agar segera ditindaklanjuti.

Dalam kesempatan itu, Rahmad Kartono juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Jongkat yang selama ini mempunyai respon positif dalam menghadapi setiap bencana dan persoalan yang terjadi.

“Saya mengajak masyarakat untuk dapat meningkatkan kerjasama dalam menjaga situasi kamtibmas di Kecamatan Jongkat dengan aman dan kondusif,” ungkapnya.

Ia juga mempersilakan masyarakat masyarakat untuk dapat memberikan saran, masukan dan kritik terhadap kinerja dirinya beserta jajaran Polsek Siantan, demi kemajuan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.