Bupati Bengkayang Resmikan Objek Wisata Nek Riapm Dan BUMDes Empat Desa.

Bengkayang,Mentarikhatulistiwa.id – Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis Launching Wisata Alam Nek Riapm di Desa Tumiang Kecamatan Samalantan Selasa (23/3/2021)

Ketua Panitia Ardilala Menyampaikan,” Hari ini kami hadir bersama dengan Bupati dan seluruh Kades se Kecamatan Samalantan dalam rangka melaunching Wisata Alam Nek Riam, di desa Tumiang, selain itu diresmikan juga empat Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes

Wisata alam Nek Riapm ini untuk menggali potensi yang ada di desa, supaya dapat nengembangkan pertumbuhan ekonomi serta kelompok sadar wisata atau pokdarwis

Untuk desa Tumiang Wisata Nek Riapm kami canangkan sebagai salah satu usaha yang terus akan di kembangkan dan berkelanjutan dalam meraih peluang yang ada

Harapan kami, nantinya dapat tercipta masyarakat di desa Tumiang yang baik tangguh serta dapat bersaing dengan daerah lainnya dalam upaya mengembangkan diri, seperti slogan Bupati kita dengan mengedepankan SDM unggul dan Mantap, maka diprioritaskan pengembangan dana desa dengan BUMDes.

Sebagai bahan laporan kami, pada kegiatan Launching ini, dana yang kami gunakan bersumber dari partisipasi empat desa yakni desa Tumiang, Desa Pasti Jaya, Desa Bukit Serayan dan Desa Samalantan, serta swadaya masyarakat dan dukungan donatur dan masyarakat.” tutur Ardilala.

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis mengungkapkan ” Kabupaten Bengkayang kaya akan potensi wisata alam, selain itu potensi laut, pantai, Air terjun maupun wisata hutan juga kita punya.

Pada kegiatan Launchng hari ini, ada Empat Desa yang sekaligus dilaksanakan,
Yakni Wisata Alam Nek Riapm desa Tumiang, Wisata Taidi Amus Desa Pasti Jaya, Bumdes Tumiang, Bumdes Pasti Jaya, Bumdes Bukit Serayan dan Bumdes Samalantan.

Karena begitu kaya akan wisata alam terutama air terjun, dalam waktu dekat saya juga akan mencanangkan Kawasan Gunung Bawang sebagai kawasan Konservasi Hutan yang dilindungi karena terdapat Orang Utan yang harus kita lindungi, selain itu Gunung Niut, Bukit Sekayok dan Gunung Serantak juga akan jadi kasawan yang melindungi, sehingga tidak boleh di rusak.

Karena begitu banyak potensi objek Wisata, maka saya berharap warga Bengkayang yang berada di kawasan wisata supaya bisa menjaga sikap, berlaku baik, jujur dan melayani pengunjung yang datang agar aman dan tertata dengan baik,’ Ucap Mantan Ketua DPRD Bengkayang 2009-2014 ini

Ia menambahkan, Pastinya di setiap lokasi wisata harus ada yang mengatur parkir, tersedia WC , akan ada jenis-jenis dan oleh-oleh Kuliner serta tempat berjualan, maka dari situ masyarakat kita akan memperoleh hasil dan manfaat adanya lokasi wisata, dan ingat jaga kejujuran dan bersikaplah baik,’ pintanya.

Seluruh masyarakat Kabupaten Bengkayang harus berbangga, sebab kita terdiri dari wilayag laut dan pantai, perbatasan, pengunungan dan bukit, kita banyak asset wisata bisa yang dapat setiap saat mendatangkan omset yang tentunya dapat merubah kehidupan warga kita yang ada di sekitarnya.

Karena di daerah kita ini banyak lokasi wisata air terjun dan dikenal sebagai daerah 1.000 air terjun, maka jadilah tuan rumah yang baik dan sopan , dengan menerapkan senyum, sapa dan salam..

Kembali saya mengingatkan, tujuan wisata harus bisa membuat kenangan baik, maka siapkan cendera mata, agar pengunjung bisa membawa pulang dan bela-beli produk Bengkayang

Bagi Para Kepala Desa, terhadap pengembangan wisata ini, agar wujudkan masyarakat sadar wisata, dan untuk menunjang kemudahan akses wisata , maka Infrasturktur jalan dan jembatan sebagai pendukung majunya parisiwsata itu akan kita benahi dan menjadi prioritas kerja kita.

Selain ini pada Launching kali ini, Bumdes memiliki peran penting bagi majunya Desa, sebab dengan berkembangnya Bumdes dalam otonomi desa dapat mewujudkan Bengkayang maju perlu gali terus menggali potensi desa, potensi pertanian. Potensi perdagangan, potensi perikanan, perkebunan peternakan dan juga hal lainnya.

Nah, Saya juga menyampaikan selamat kepada Camat Samalantan dan Pemerintah Desa di Seluruh Kecamatan Samalantan atas terselenggaranya acara ini dan semangat kuat dalam membangun kemajuan kemandirian desa dan majulah Bumdes.

Trima kasih juga saya sampaikan kepada OPD, Dandim, Wakapolres, Danramil, Kapolsek, serta seluruh warga yang hadir.

Kedepan Kolaborasi sangat diperlukan dan dukungan Pemkab Bengkayang dan Pemprov Kalbar serta Pusat dalam mengembangkan ekonomi yang maju dan baik demi kemajuan Bengkayang dimasa yang akan datang.

Dan semoga dengan diresmikan wisata alam Nek Riapm ini. akan bermanfaat baik bagi masyarakt kita di Desa Tumiang dan Bumdes akan terus digerakkan, jangan lupa karena promosi wisata saat ini menggunakan sarana media dan IT secara online maka harus dibenahi bidang telekomunikasi dan IT.

Hadir pada Launching kali ini Camat Samalantan Yustianus, Kadis Porapar I Made Putra Negara Kadis Kelautan Dan Perikanan Magdalena, di Samalantan, Wakapolres Bengkayang Kompol Shaloom Pardamean Silaban, Dandim 1202/Skw Letkol Condro, Para Kepala Desa Se Kecamatan Samalantan, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dam Tokoh Agama.(Kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.