Pemkab Bengkayang Jemput Bola Pelayanan Adminduk di Tiga Kecamatan

BENGKAYANG,Mentarikhatulistiwa.Id- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), mensosialisasikan Kebijakan Administrasi Kependudukan Kabupaten Bengkayang Tahun 2021 dan Pelayanan Langsung Dokumen Adminduk di Kantor Camat Sungai Raya Rabu (24/3/2021)

Sosialisasi dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bengkayang Syamsul Rizal, yang di hadiri Camat serta seluruh Kepala Desa se Kecamatan Sungai Raya, Capkala dan Sungai Raya Kepulauan, dan anggota DPRD Bengkayang Fraksi Partai Golkar Toni Pangeran.

Wakil Bupati Bengkayang, Syamsul Rizal dalam sambutan menegaskan bahwa salah satu fokus pelayanan dalam kepemimpinan mereka adalah akan memperbaiki sistem administrasi kependudukan melalui sistem pelayanan jemput bola, sehingga kedepan masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke kantor Dinas Dukcapil dan mengeluarkan uang untuk membuat Adminduk.

“Kami tegaskan, tidak ada lagi yang namanya calo-calo, sebab pembuatan Adminduk akan dilakukan jemput bola yang dapat menjangkau semua kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkayang.

“Kedepan Kepala Desa atau perangkat desa tidak perlu bolak-balik ke Kantor Dinas Dukcapil kecuali memang atas kebutuhan yang sangat mendesak,” tegas Syamsul Rizal.

Terkait hal itu, Kabid Pencatatan Sipil, Suandi mengatakan, apa yang disampaikan oleh Wakil Bupati dapat direalisasikan dengan cepat apabila didukung oleh instrumen yang memadai, untuk mewujudkan harapan dari Wakil Bupati, sedikitnya ada tiga unsur penting yang diperlukan untuk menunjang sistem pelayanan Adminduk tersebut, yakni ketersediaan personil (SDM), perangkat lunak dan anggarannya.

Supaya di ketahui, dalam melakukan pelayanan Adminduk di suatu wilayah jumlah personil yang dibutuhkan cukup banyak berdasarkan Adminduk yang tersedia, kedua kondisi setiap wilayah tidaklah sama sehingga diperlukan sarana atau perangkat lunak penunjang dan hal itu tentu memerlukan anggaran.

“Perlu disampaikan juga kepada seluruh masyarakat, bahwa dalam pelayanan Adminduk jenis apapun tidak dipungut biaya, sebab semuanya sudah gratis,” pesan Suandi. (KR/Tim Humpro)

Leave a Reply

Your email address will not be published.