Ritual Sembahyang Kubur Warga Tionghua, Polisi Jongkat berikan Pengamanan

MEMPAWAH,Mentarikhatulistiwa.id– Masyarakat Tionghoa yang melaksanakan Sembahyang Kubur turut menjadi atensi Polri, khususnya di Polsek Siantan, Polres Mempawah, untuk diberikan pengamanan, Minggu (28/3/2021) pagi.

“Pelaksanaan pengamanan diberikan agar proses sembahyang kubur warga tionghua berjalan aman, tertib dan lancar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ujar Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono.

Sejak pagi, jelas Kapolsek, masyarakat Tionghoa telah mendatangi Kompleks Pemakaman Desa WaJok Hulu, Kecamatan Jongkat. Mereka menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Tidak saja berasal dari Kabupaten Mempawah, masyarakat yang datang terpantau juga ada yang dari Kota Pontianak. Sebab sembahyang kubur adalah ritual turun-temurun etnis Tionghoa untuk menghormati dan mendoakan arwah para leluhur.

“Dalam memberikan pengamanan ini, kita kerahkan personel untuk mengatur lalu lintas sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat dalam melaksanakan rangkaian prosesi sembahyang kubur di Desa Wajok Hulu,” jelas Rahmad Kartono.

Dari hasil patroli ini, hingga berakhirnya aktivitas ritual sembahyang kubur warga tionghua tetap aman, dan masyarakat yang hadir juga patuh dengan protokol kesehatan, yakni mengenakan masker dan tampak tidak adanya kerumunan.

Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono menegaskan, langkah patroli ini merupakan wujud selalu hadirnya Polri di tengah-tengah masyarakat dalam setiap aktivitas serta meningkatkan toleransi antar umat beragama dengan kepercayaan dan tradisinya.(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.