Latih Kesigapan Padamkan Api, Kapolsek Siantan libatkan Bhayangkari

MEMPAWAH,Mentarikhatulistiwa.id– Ketua Bhayangkari Ranting Siantan, Evi Rahmad Kartono, tampak serius memperhatikan para koleganya memadamkan api yang berkobar di halaman Mapolsek Siantan, Sabtu (24/4/2021) sore.

Sesekali, Evi memberi semangat para kaum ibu Bhayangkari–yang notabene adalah istri dari Anggota Polsek Siantan, Polres Mempawah, untuk tetap fokus melakukan penyemprotan dalam upaya memadamkan kebakaran.

Begitu api berhasil dijinakkan, tepuk tangan pun membahana. Evi Rahmad Kartono tampak beberapa kali mengacungkan jempol untuk keberhasilan sang emak-emak yang dengan tenang mengantisipasi bahaya kebakaran.

“Keren ibu-ibu. Kuncinya, jangan panik saat menghadapi api. Pelajari teknik pemadamkan api yang diajarkan. Sekali lagi, jangan panik ya ibu-ibu,” ujar Evi seraya kembali mengacungkan jempol.

Begitu lah sedikit kehebohan dari suasana kekompakan yang tercipta ketika Polsek Siantan menggelar sosialisasi dan praktik penanggulangan kebakaran bagi Anggota Polsek yang menyertakan para ibu Bhayangkari.

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, SIK, MH melalui Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono, SH, MH menjelaskan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan teknik pencegahan dan penanggulangan kebakaran di rumah atau di tempat kerja.

Misalnya, sikap diri ketika hendak melakukan pemadaman, penentuan arah angin dan teknik yang tepat dalam menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

“Tidak saja teori, tapi juga sesi praktik agar pengetahuan yang telah diperoleh, dapat langsung diaplikasikan, termasuk penggunaan APAR,” jelas Kapolsek.

Sebagai instruktur, Kapolsek Rahmad Kartono, SH, MH menghadirkan Tim Pemadam Kebakaran Jungkat Raya (PKJR) yang memang ahli di bidangnya.

Ia berharap, usai mengikuti pelatihan, baik personel Polsek Siantan maupun ibu-ibu Bhayangkari memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk menanggulangi kebakaran sejak dini.

Sementara itu, Santo, Ketua PJKR Jungkat, mengapresiasi pelatihan penanggulangan kebakaran yang diinisiasi Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono, SH, MH.

Menurut Santo, upaya penanggulangan kebakaran bukan semata-mata tanggung jawab tim pemadam kebakaran. Perlu kerjasama masyarakat, yang salah satunya adalah personel kepolisian.

“Sudah cukup banyak kita terbantu dari kesigapan personel Polsek Siantan dalam penanggulangan bahaya kebakaran. Kami mengapresiasi adanya pelatihan ini, sehingga kemampuan kepolisian semakin bertambah,” pungkasnya.( Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.