Mencegah Peredaran Barang Illegal : Polairud Polres Bengkayang Cek Muatan Kapal

Bengkayang,Mentarikhatulistiwa.id – Satuan Polairud Polres Bengkayang Polda Kalbar melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap muatan kapal motor di pelabuhan bongkar muat Teluk Suak antar Pulau.

Kegiatan ini dilakukan oleh Polairud Polres Bengkayang dalam rangka mencegah peredaran barang illegal di daerah setempat.

“Kami ingin mencegah barang-barang terlarang masuk dan keluar di wilayah hukum Polres Bengkayang,” ujar Kasat Polair Polres Bengkayang, IPDA Ratnam, Sabtu (24/04/2021) kepada media ini.

Ratnam menegaskan , kegiatan ini juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat apalagi di bulan Suci Ramadhan ini, Pemeriksaanpun dilakukan setiap hari.

“Bahkan personel juga mengecek dengan detail untuk mengetahui apa saja barang muatan dan tujuannya ke mana,” kata Ratnam

Selain itu ujar Ratnam lagi, pemeriksaan Satpolairud Polres Bengkayang juga melakukan kegiatan patroli rutin di wilayah perairan Kabupaten Bengkayang, hal Ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya tindak pidana dan kecelakaan.

Ratnam menyebutkan giat pengecekan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas khususnya premanisme dan peredaran narkoba di wilayah perairan Polres Bengkayang. Pihaknya juga mengimbau ABK dan nakhoda kapal untuk tidak membawa barang melebihi kapasitas.

“Karena kelebihan kapasitas sangat berbahaya pada saat berlayar,” ujarnya.

Selain itu, Ratnam juga mengingatkan kepada ABK dan nakhoda untuk tidak membawa barang-barang terlarang. Apabila ada hal yang mencurigakan pada barang titipan atau muatan maka segera laporkan kepada pihak berwajib.

”Jangan ragu untuk melaporkan kepada kami. Kami siap membantu dan menindaklanjuti setiap laporan yang masuk,” kata dia.

Penulis : Kurnadi

Leave a Reply

Your email address will not be published.