MPPI Gelar Aksi Sosial: SMK Bahtera Semunying Jaya Dapat Bantuan Masker Dan Handsanitiser

Bengkayang,Mentarikhatulistiwa.id- Masyarakat Peduli Perbatasan Indonesia atau MPPI Perwakilan Bengkayang memberikan bantuan penanganan dan pencegahan covid 19 kepada SMK Swasta Bahtera yang terletak di Dusun Pareh Desa Semunying Jaya Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat.

Menurut Kurnadi Perwakilan MPPI Bengkayang, bantuan diberikan kepada SMK Bahtera dalam rangka aksi sosial MPPI dalam membantu untuk penanganan dan pencerahan covid 19 di wilayah perbatasan, tepatnya di SMK Bahtera Desa Semunying Jaya.

Sebagai sekolah kejuruan yang terletak di perbatasan, SMK Bahtera kami bantu dalam upaya ikut serta mencegah penyebaran covid 19.

Adapun bantuan yang diberikan berupa. Masker dan handsanitiser, agar dapat dimanfaatkan untuk keperluan para guru dak siswa yang ada di SMK Bahtera.

Saya mengucapkan terima kasih, Sebab SMK Swasta Bahtera yang berada di perbatasan dengan ketat menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah, yakni selalu menggunakan masker, menyiapkan sarana mencuci tangan dan menjaga jarak.

Untuk Asrama yang tersedia juga , dibuat sangat bagus dengan fasilitas lengkap untuk kenyamanan para siswa dan juga guru yang mengajar.

Sekali lagi saya menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah SMK Bahtera Semunying Jaya, terutama Kepala Sekolah Tri Kurniawati Ramadani,S.Pd dan rekan-rekan guru lainnya yang telah menyambut kehadiran saya bersama rekan- rekan dengan baik.

Sementara itu Tokoh Warga Desa Pareh Desa Semunying Jaya Jamaludin kepada media ini menuturkan,” Dusun Pareh Desa Semunying Jaya saat ini baru saja menerima sarana listrik setelah dibukanya akses jalan perbatasan dari Aruk Kabupaten Sambas menuju Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang.

Di Desa Semunying Jaya sendir, kami mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Bengkayang agar dibangun Sekolah SMP Negeri dan SMA Negeri.

Sebab untuk saat ini sudah ada SMK Bahtera, jadi tinggal dibangun SMPN dan SMAN di perbatasan.

Untuk SMP Negeri sendiri, sebagai penunjang sudah ada empat (4) SDN Pendukung, yakni SDN 02 Pareh, SDN 16 Semunying, SDN Peleng, SDN Sentimuk dan SDN Sinar Baru.

Kemudian, untuk infrastruktur jalan kami sangat membutuhkan segera adanya jembatan gantung penghubung antara dusun Pareh Desa Semunying Jaya ke Desa Sinar Baru Dusun Peleng, selain itu untuk penerangan desa perlu adanya listrik solar Sel,’ ucap Jamaludin

Jadi, dengan hadirnya Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis pada hari ini di desa kami, besar harapan kami pesan yang telah kami sampaikan secara langsung bisa segera di wujudkan melalui OPD terkait.

Sementara itu Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis menyambut baik pesan dan harapan masyarakat dusun Pareh desa Semunying Jaya.

“Kami bersama OPD terkait, akan kembali di Desa Semunying Jaya, melihat langsung kondisi di lapangan, terutama perlunya akses jalan antara desa Semunying Jaya dan desa Sinar Baru.

Kemudian, menang sudah selayaknya dibangun SMP dan SMA, karena SD lenunjamg sudah cukup untuk hadirnya SMP dan SMA sehingga jangkauan pendidikan anak tidak jauh lagi ke Jagoi Babang atau Aruk Sambas.

Saya juga mengucapkan terima kasih atas hadirnya SMK Bahtera Yayasan Swasta yang sangat penduli dalam pelayanan pendidikan di daerah Perbatasan, sehingga bisa melayani warga sekitar dusun Pareh Desa Semunying Jaya, selain siswanya berasal dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Bengkayang, bahkan ada siswanya yang berasal dari Kabupaten lain di Kalbar dan bahkan dari NTT,” ucapnya.

SMK BAHTERA CIPTAKAN LULUSAN YANG MAMPU BERWIRAUSAHA DAN BERSAING DALAM DUNIA KERJA

Kepala SMK Swasta Bahtera Tri Kurniawati Ramadani, S.Pd mengatakan,”Sejak berdiri pada tahun 2018, SMK Swasta Bahtera memiliki 3 jurusan (ATPH, DPIB, dan TKJ) dengan jumlah siswa sebanyak 45.

Mengusung motto Bersama Bahtera Hidup Lebih Baik, SMK Swasta Bahtera memberikan fasilitas pendidikan berasrama gratis (seragam, peralatan tulis, dan peralatan tidur).

Walaupun gedung sekolah masih menumpang di SDN 02 Pareh, namun tidak menyurutkan semangat para siswa untuk belajar dan para guru untuk mengabdi di perbatasan,” Ucap Tri Kurniawati Ramadani kepada media ini.

Pada tahun kedua lanjut Tri, animo masyarakat sangatlah tinggi, dari lebih dari 200 siswa yang mendaftar, hanya 75 siswa yang diterima, karena untuk masuk SMK Bahtera seleksi berjalan sangatlah ketat, dan sekolah sudah menempati gedung yang baru di tahun kedua ini,

SMK Bahtera sendiri telah mendapat sasaran akreditasi, namun hasilnya TT (Tidak Terakreditasi) disebabkan oleh masih minimnya fasilitas penunjang yang dimiliki sekolah.

Kemudian lanjut Tri lagi pada tahun ketiga, dimana saat pandemic Covid 19 menyerang, SMK Bahtera mengalami penurunan jumlah siswa yang mendaftar, dari kuota 60 siswa, kami hanya mendapatkan 27 siswa hal ini salah satunya disebabkan oleh pandemic Covid 19.

Maka, melihat fenomena yang ada, dimana dengan 27 siswa dengan 2 mayoritas memilih jurusan TKJ dan ATPH, maka dengan berat hati kami tidak membuka jurusan DPIB.

Masih menurut Tri, di tahun ketiga ini juga, kami menerapkan subsidi silang untuk biaya asrama dan partisipasi pembangunan, pada bulan September 2020, SMK Bahtera mengadakan diskusi dengan Muspika Kecamatan Jagoi Babang membahas perkembangan SMK Bahtera kedepannya. Berdasarkan masukan yang ada, animo masyarakat, peluang kerja, dan fenomena kurang minatnya terhadap jurusan DPIB serta sulitnya mendapatkan guru produktifnya , maka pihak sekolah di tahun keempat penerimaan siswa, menginisisasi pembukaan jurusan baru yakni Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dengan menggandeng tenaga ahli dari SMKN 02 Pontianak, diharapkan kedepannya, jurusan TBSM di SMK Bahtera dapat menjadi sekolah binaan Honda.

Lebih lanjut lagi, di tahun ajaran 2021/2022 SMK Bahtera hanya akan membuka 2 jurusan, yaitu ATPH dan TBSM. Jurusan TKJ untuk sementara ditutup, karena terkendala jaringan serta berdasarkan data dari Dinas Pendidikan, alumni jurusan TKJ di Kalimantan Barat sudah banyak dan kurang terserap dunia industry.

Nah, kata Tri lagi Konsistensi SMK Swasta Bahtera dalam menjawab peluang perbatasan melalui pendidikan dengan memberikan kesempatan kepada para siswa/I yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk mengenyam pendidikan kejuruan sangat memerlukan bantuan dari berbagai pihak baik masyarakat, Pemerintah, LSM dan sebagainya dalam memperlengkapi generasi muda Indonesia mempersiapkan masa depan.

Dengan keadaan ini, maka hal yang kami perlukan dalam proses belajar-mengajar serta harapan kepada pemerintah

  1. Bantuan promosi sekolah (menjadi sekolah rujukan untuk masyarakat perbatasan) agar kiranya dapat menjangkau anak- anak yang membutuhkan pendidikan, terutama anak-anak perbatasan.
  2. Dilibatkan dalam program-program pemerintah yang mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia Siswa SMK dalam menjawab peluang dari perbatasan.
  3. Mendapatkan informasi terkait beasiswa-beasiswa kuliah/pelatihan yang dibiayai/didanai oleh pemerintah ( Pemerintah Kabupaten Bengkayang,khususnya)
  4. Mendukung kegiatan – kegiatan yang diselenggarakan oleh SMK Swasta Bahtera dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa ( contoh sebagai tempat prakerja industry bagi siswa kelas XI, narasumber untuk pelatihan, dsb)
  5. Bantuan sumber belajar ( alat dan bahan praktek sesuai jurusan) dan buku referensi untuk pengembangan literasi (perpustakaan)
  6. Bantuan tenaga pengajar/ guru terbang produktif/ahli jurusan Desain permodelan dan Informasi Bangunan, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Teknik Bisnis Sepeda Motor
  7. Peningkatan bandwith jaringan telekomunikasi
  8. Bantuan sarana dan prasarana (Bangku dan Meja Sekolah)

Sebagai informasi, tutur Tri Kurniawati Ramadani asal daerah siswa-siswi yang belajar di SMK Swasta Bahtera yakni dari Siding,Seluas,Jagoi Babang, Sanggau Ledo
Ledo, Teriak, Samalantan, Sungai Betung dan
Tujuh Belas, sementara asal siswa yang berasal dari Kabupaten Lain/ Propinsi di luar Kalimantan Barat, ada yang dari Sekadau, Sintang, Ketapang, Landak, Kapuas Hulu
Mempawah, Kayong Utara ,Sambas dan
Nusa Tenggara Timur (NTT)

Sementara untui dukungan Sumber Daya SMK Swasta Bahtera yang dimiliki saat ini Berupa Fasilitas Gedung/ Ruang SMK Swasta Bahtera, Ruang Teori/Ruang Kelas
8, TU dan Perpustakaan 1, Gudang
1, Ruang Osis 1, Lab Komputer 1, Ruang BK 1, Bengkel Otomotif plus Ruang Kelas
1

Masi menurut Tri Kurniawati Ramadani, Fasilitas Lahan Sekolah yang telah dimiliki Totalnya ada 5 ha, Fasilitas Listrik 82500 VA, Fasilitas Asrama, Asrama Putra 1 dan Asrama Putri 1, sementara itu Fasilitas Multimedia Pembelajaran Komputer ada 46 unit, LCD Proyektor 2 unit.

Dan terakhir untuk daftar mitra PraKerja Industri kami bekerjasama dengan PD Panca Motor Bengkayang, PD Panca Motor
Sintang Dan PT Borneo Bahtera Nusantara
Semunying Jaya,” tutupnya.

Berikut Profil SMK Swasta Bahtera Desa Semunying Jaya Kecamatan Jagoi Barang Kabupaten Bengkayang.
A. Identitas Sekolah
Nama Institusi
: SMK Swasta Bahtera
NPSN
: 69978699
Tahun Berdiri
: 2018
Surat Izin Operasional
: NO 911 TAHUN 2018
Status Sekolah
: Swasta dibawah naungan Yayasan Bahtera Bina Anak Bangsa
Sumber Dana
: Yayasan, BOS, dan Subsisdi Silang Partisipasi Orang Tua
Bentuk Sekolah
: Sekolah Berasrama
Waktu Operasional
: Senin- Jum’at ( 07.00 – 15.00)
Visi Sekolah
: “ Mewujudkan Pendidikan Kejuruan yang Berkarakter, Terampil, Bermutu, dan Berdaya Saing Global”
Misi Sekolah
: a. Menyelenggarakan Pelatihan dan Pendidikan yang menghasilkan tamatan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia dan berwawasan Luas.
b. Memperlengkapi peserta didik dengan pendidikan, pelatihan, dan keterampilan untuk menjadi pribadi yang mandiri
c. Menciptakan lulusan yang mampu berwirausaha dan bersaing dalam dunia kerja
d. Menjadi pelopor pengelolaan pendidikan yang partisipatif, jujur, professional, transparan, dan akuntabel
Alamat Sekolah
: Jalan Paralel Trans Kalimantan Desa Semunying Jaya Kecamatan Jagi Babang Kabupaten Bengkayang Propinsi Kalimantan Barat Kode Pos 79286.
Letak Batas Desa Semunying Jaya
: Utara berbatasan dengan Sarawak, Malaysia
: Selatan berbatasan dengan Desa Kumba
: Barat berbatasan dengan Desa Sinar Baru
: Timur berbatasan dengan Desa Sekida
Website Sekolah
: www.smkswastabahterajabang.sch.id
Email Sekolah
: smk.swastabahterapareh@gmail.com
Media Sosial
: Facebook : SMKBAHTERA , Instagram : smkbahteraofficial
Nomor Handphone Sekolah
: 0821-5210-4970
Nama Kepala Sekolah
: Tri Kurniawati Ramadani, S.Pd
Nomor Handphone
: +6281348250734
Kompetensi Keahlian / Jurusan
(Tahun Ajaran 2021/2021, hanya membuka jurusan ATPH dan TBSM)
: 1. Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura ( 2018)

  1. Desain Permodelan dan Informasi Bangunan(2018)
  2. Teknik Komputer dan Jaringan (2018)
  3. Teknik Bisnis Sepeda Motor ( 2021)

Jumlah Tenaga Pengajar
: 11 ( Guru Adaptif : 1, Guru Normatif: 7, Guru Produktif: 2 ATPH, 1 TKJ, dan 0 DPIB)

Jumlah Siswa
: Total Siswa (117 siswa)
:1. Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (42 siswa)
Kelas X ( Laki- Laki: 8, Perempuan : 3)
Kelas XI (Laki – Laki 12, Perempuan 7)
Kelas XII ( Laki- Laki 6, perempuan 6)
: 2. Desain permodelan dan Informasi Bangunan (26 Siswa)
Kelas XI (Laki- Laki 12, Perempuan 4)
Kelas XII ( Laki-Laki 5, Perempuan 5)
: 3. Teknik Komputer dan Jaringan (49 Siswa)
Kelas X ( Laki- Laki: 10, Perempuan : 6)
Kelas XI (Laki – Laki 7, Perempuan 10)
Kelas XII ( Laki- Laki 9, perempuan 7)
Produk Unggulan/ Ikonik
: Bata Interlock

Sumber Data :
Humas SMK Swasta Bahtera Dusun Pareh Desa Semunying Jaya Kecamatan Jagoi Babang. (Kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.