Berita  

PROKLIM UNIK LAHAN RAWA

KALSEL,Mentarikhatulistiwa.id
Desa pulan tani Kec. Haur gading dan desa banyu hirang Kec.amuntai selatan tgl 29 April 2021, mengadakan Sosialisasi Program Kampung Iklim dan pengisian SRN serta spectrum di aula Balai desa Pulan Tani yang diprakarsai Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup kab. HSU  bekerjasama dengan DLH Prov. Kalsel.
Kabid Pengawasan dan Tata Lingkungan (H.Mulianto) di dampingi kasi pengembangan kapasitas (Rusmini) dan Ka UPT TPA (Ahmad)

DisperkimLH kab. HSU, menyambut antusias kegiatan ini..dimana masyarakat kedua desa ini, sangat pro aktif dalam menjaga lingkungan melakukan aksi adaptasi perubahan iklim khusus nya di wilayah lahan rawa.

Sementara itu sebagai narasumber dari DLH Prov Kalsel, M. Khoirullah memberikan materi terkait isian SRN menyangkut Adaptasi, Mitigasi serta kelembagaan .

Menurut Khoirullah selaku penelaah dampak lingkungan DLH prov. Kalsel..Proklim di Desa Pulan Tani dan Desa Banyu Hirang merupakan Proklim Unik. Karena aksi adaptasi dan mitigasi yang dilakukan mayarakat di lahan rawa berbeda dengan desa2x lahan pertanian lainya..kearifan lokal dalam menjaga lingkungan dan dampak perubahan iklim.

Pada kesempatan ini dilakukan kunjungan ke lapangan lokasi wisata susur Awang rawa gambut dan lokasi kerajinan di desa Pulan tani .

Dimana desa ini terdapat 58 pengrajin anyaman purun. yang sangat membanggakan Desa Pulan Tani Sebagai motivator bekerjasama dengan 4 Desa lainya, disekitar nya menjadikan Desa Wisata Gambut..untuk sementara ini kami masih menggunakan dana Desa untuk membangun pondok dan gajebo di lahan wisata Awang rawa gambut..

Kami harapkan bantuan pihak ke 3 untuk mendukung kegiatan ini mengingat kami telah memiliki master plan ..tutur Iwan Hermawan  selaku Sekdes Desa Pulantani (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.