Pemerintah Desa di Jongkat Susun Program Pemberlakuan PPKM Berbasis Mikro

MEMPAWAH,Mentarikhatulistiwa.id– Satuan Tugas Covid-19 Kecamatan Jongkat menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah desa terkait penyusunan program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro.

Rapat berlangsung di Aula Kantor Camat Jongkat, Rabu (19/5/2021) pagi, dipimpin Camat Jongkat yang juga Ketua Satgas Covid-19, M. Efriza.

Di hadapan para kepala desa, Efriza menegaskan, karena PPKM Mikro kembali diperpanjang pemerintah hingga 24 Mei, maka pemerintah desa se Kecamatan Jongkat diharapkan segera menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan sosialisasi tentang Covid-19.

“Penyusunan jadwal ini hendaknya mengacu pada banyaknya dusun di setiap desa, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan memahami tentang dampak bahayanya virus Corona atau Covid-19,” imbuh Efriza.

Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono menambahkan, penyusunan program dan jadwal PPKM Mikro hendaknya dapat menjangkau ke basis masyarakat yang paling bawah.

“Istilahnya, kegiatan atau sosialisasi ini harus betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat hingga ke akar rumput. Dengan demikian, bahaya Covid-19 dapat difahami warga dan kemudian timbul kesadaran untuk menjaga prokes,” katanya.

Nah, dalam rangka menyukseskan kegiatan atau sosialsiasi PPKM Mikro di masing-masing desa, Rahmad Kartono mempersilahkan para kepala desa atau perangkat desa lainnya untuk selalu bersinergi dengan Bhabinkamtibmas Polsek Siantan.

“Keberadaan Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak pelayanan Polri di tiap desa hendaknya dapat dilibatkan secara penuh sehingga pelaksanaan PPKM Mikro bisa lebih optimal,” imbuh dia.

Kapolsek juga berharap, keberadaan posko PPKM Mikro di desa dapat dimaksimalkan fungsinya sebagai sarana mengendalikan dan penanganan Covid-19.

“Posko tersebut nantinya berfungsi sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro dengan kegiatan pendekatan, kesepakatan, gotong royong dan kebersamaan,” tegasnya.

Rapat koordinasi Satgas Covid-19 Kecamatan Jongkat ini turut dihadiri Danramil 1201-01 Jungkat yang diwakili Serma Indra, Dayonkav 12/BC yang diwakili Serka Agustian, Sekcam Jongkat Woro Wasiati, Kepala Puskesmas Wajok Hulu, Muginarsih, Kepala Puskesmas Jongkat, M. Hasanudin, dan para kepala desa di Kecamatan Jongkat.

Penulis : Red

Leave a Reply

Your email address will not be published.