Berita  

Desa Suka Jaya Salurkan BLT Dana Desa Tahap Ketiga Tahun 2021

Bengkayang,Mentarikhatulistiwa.id- Desa Suka Jaya Kecamatan Ledo Kabupaten Bengkayang kembali menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal dari Dana Desa (DD) Tahun 2021, Senin (24/5/2021)

Pada hari ini, Saya Mewakili Kepala Desa Suka Jaya Radinus, bersama dengan Pendamping Desa, Badan Perwakilan Desa (BPD), Perwakilan Camat Ledo dan Bhabinkamtimbas Desa Suka Jaya kembali menyalurkan BLT – DD kepada 80 kepala keluarga yang berhak menerima ,” Ucap Martinus Sekretaris Desa Suka Jaya kepada media ini Senin (24/5/2021).

Desa Suka Jaya sendiri terdiri dari 351 KK, namun ada 80 KK yang berhak menerima BLT-DD bulan Ke- 3 tahun 2021.
Dana yang berhak diterima oleh warga dari BLT-DD per kepala keluarga sebesar Rp.300.000 dan disalurkan setiap bulan.

Desa Suka Jaya sendiri ada empat (4) dusun yakni dusun Sei Daya, Sei Mayan, Sebakul, dan Nipuk.

Untuk di ketahui, rincian Jumlah Jiwa untuk Dusun Sei Daya, Laki-laki 210, Perempuan 192, jadi 402 jiwa atau 105 KK.

Dusun Sei Mayan Laki-,Laki 200, Perempuan 199, jadi 399 jiwa atau 110 KK

Dusun Sebakul Laki-laki 124, Perempuan 104 ,jadi 228 jiwa atau 72 KK

Dan Dusun Nipuk Laki-laki 112, Perempuan 89, jadi 201 jiwa atau 65 kk,
Jadi Jumlah Keseluruhan jiwa di Desa Suka Jaya Laki-laki 647, Perempuan 584 jadi 1231 jiwa atau berjumlah 351 KK,” Ucap Martinus

Ia menambahkan, dari 80 KK warga terima BLT – DD bulan ketiga tahun 2021 ada satu orang yang tidak hadir di Kantor Desa dan akan kami antarkan dananya kepada warga yang bersangkutan, dan Total BLT- DD yang diterima kali ini sebesar Rp.244 juta.

Jadi, selaku Sekdes kami mengharapkan warga benar-benar menggunakan bantuan Pemerintah ini sebaik baiknya, baik untuk kepentingan anak sekolah, pertanian dan Perkebunan dan juga untuk usaha yang dapat menambah penghasilan.

Dan juga kami mengingatkan , ditengah masih mewabahnya Virus Covid19, agar Warga Desa Suka Jaya tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang telah dianjurkan Pemerintah, agar kita semua bisa segera terbebas dari masalah dunia ini,” tukasnya.

Yuyun Mewakili Camat Ledo mengungkapkan,”Dana BLT digunakan sebaik mungkin Misalnya berkebun, membeli bibit dan lain usaha yang dapat menambah penghasilan

Ia juga mengingatkan di masa pandemi Covid agar Warga Desa Suka Jaya menerapkan 5 M, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan menerapkan pola hidup sehat,” ucap Yuyun Singkat.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Desa Suka Jaya,’ Briptu Tan Deden P mengatakan,” BLT-DD tahun 2021 sudah tiga kali proses dan disalurkan, Saya rasa pada tahun kedua Penerimaan BLT DD, Warga Sudah lebih tahu dana yang diterima akan dieprgunakan untuk apa.

Intinya, gunakanlah dana yang ada sebaik mungkin untuk kepentingan keluarga yang lebih bermanfaat.

Pada Kesempatan itu, Deden juga mengingatkan, karena tidak lama lagi musim berladang dan memasuki kemarau, bagi warga petani supaya tidak membakar lahan dan jika berladang harus mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan Pemerintah.

“Nanti, jika sebelum membakar lahan harap berkomunikasi dengan aparatur Desa, Bhabinkamtibmas dan juga dilakukan secara gotong-royong,” pintanya.

Sedangkan Ketua BPD Desa Suka Jaya Widodo Dwi P berharap,” Pembagian BLT-DD tahap ketiga segera diterima, dan dari data yang sudah disajikan desa harap warga desa bisa memahami, jika ada yang terlewat dan namanya tidak masuk harap memahami.

“Jika namanya tidak terdaftar dan terlewat tentunya ada nama yang lebih membutuhkan , dan jangan berkecil hati atau berprasangka tidak baik, karena itu sudah sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada tentunya, jadi saya harapkan warga bisa memaklumi,” ucap Widodo.

Hadir pada penyaluran BLT DD kali ini, Perwakilan Kecamatan Ledo Yuyun, Bhabinkamtibmas Briptu Tan Deden P, Sekdes Martinus, Ketua BPD Widodo Dwi Priyono bersama anggotanya, Pendamping Desa Suka Jaya Kuirianus dan 79 warga yang berhak menerima BLT- DD tahun 2021.(DI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.