Berita  

Menjalankan Prokes Santri, Pontren Al-Irsyad Wajok Hilir Gelar Rapid Test Antigen

MEMPAWAH,Mentarikhatulistiwa.id– Sikap tanggung jawab Pimpinan Pondok Pesantren (Pontren) Al-Irsyad, Desa Wajok Hilir, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah, untuk menjamin keselamatan santri dari bahaya Covid-19, patut dipuji.

Dengan kesadaran sendiri, mereka kemudian menghubungi Satuan Tugas Covid-19 Kecamatan Jongkat untuk dilaksanakan rapid test Antigen bagi para santri.

Bak gayung bersambut, Satgas Jongkat pun menyetujui. Dan Tim Medis Puskesmas Wajok Hulu ditunjuk sebagai pelaksana lapangan.

Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono, sebagai salah satu unsur Satgas Covid-19 Kecamatan Jongkat, membenarkan adanya rapid test Antigen bagi santri di Pontren / Lembaga Pendidikan Pengajaran Agama Islam Al-Irsyad, Senin (24/5/2021) pagi.

“Kitamengapresiasi. Sebab dengan penuh kesadaran, pimpinan Pontren Al-Irsyad menyampaikan permintaan swab Antigen bagi para santri dan juga tenaga pengajar. Sebab aktivitas keagamaan tentu sangat banyak sehingga perlu dicegah dini potensi penyebaran Covid-19,” katanya.

Kesadaran ini, tambahnya, sangat disambut baik sebagai merupakan wujud kepedulian warga untuk menciptakan Indonesia Sehat dan Bebas dari Covid-19.

Sebelum pelaksanaan kegiatan, Tim Satgas Covid-19 Jongkat dan dr. Ega Kusuma dari Puskesmas Wajok Hulu terlebih dahulu memberikan arahan.

Yang pertama, santri yang tidak memiliki gejala, akan dilaksanakan rapid test Antigen. Sementara yang merasakan ada gejala, seperti demam, batuk, pilek atau sakit kepala, akan dilakukan pengambilan Swab PCR.

“Jika dalam pelaksanaan rapid test ini dinyatakan reaktif, maka akan dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Setelah isolasi, kemudian akan dilanjutkan lagi rapid test Antigen,” kata Kapolsek.

Proses swab Antigen pun berlangsung lancar. Tampak tenaga pengajar dan santri secara tertib mengikuti pengambilan sampel untuk diperiksa.

“Alhamdulillah, hasilnya seluruh santri dan tenaga pengajar di Pontren Al-Irsyad dinyatakan non reaktif. Pun demikian, kita tetap berharap kesemuanya tetap mematuhi protokol kesehatan agar proses pembelajaran tetap aman dari Covid-19,” imbuh Kapolsek.

Sebelum kegiatan berakhir, jajaran Tim Satgas Jongkat juga menyampaikan sosialisasi penerapan prokes dan pemasangan banner imbauan disiplin 5M untuk mencegah penularan Covid-19 di Pontren / Lembaga Pendidikan Pengajaran Agama Islam Al-Irsyad.

Penulis : red

Leave a Reply

Your email address will not be published.