HADIRI GAWAI NAIK DANGO KE-XIV KAB. SAMBAS INI PESAN DANYONIF 645/GTY

Bengkayang,Mentarikhatulistiwa. id – Danyonif 645/Gty Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto yang di wakilkan oleh Pasi 1/Intel Yonif 645/Gty Letda Inf Agus Susanto menghadiri kegiatan Gawai Naik Dango Ke-XIV Kab. Sambas yang bertempat di Ramin Bantang Jl. Ahmad Yani, Sambas. Sabtu, 29 Mei 2021.

Kegiatan adat ini yang mempunyai makna syukuran atau berterima kasih kepada Tuhan atas hasil panen yang diperoleh dari sawah atau ladang masyarakat suku dayak, upacara ini dilakukan setiap tahun usai panen.

Dango sendiri mempunyai arti yaitu pengambilan padi untuk pertama kalinya dari lumbung yang berada didekat rumah dan harus dilakan dengan upacara Naik Dango. Upacara ini berintikan doa dari seorang imam kepada lumbung padi, iman ini mendoakan kepada penyelenggara pesta Naik Dango yang dilakukan pagi hari. Inti dari doa tersebut adalah berterima kasih atas rejeki yang dianugerahkan dari Tuhan dan memohon restu untuk menggunakan padi yang sudah disimpan dalam lumbung untuk keperluan pangan.

Pasi 1/Intel Yonif 645/Gty dalam kesempatannya mengatakan “Perayaan ini telah tumbuh, berkembang dan mengakar sebagai kekayaan budaya tradisi yang harus tetap dipertahankan dan dilestarikan karena banyak terkadung nilai-nilai budaya luhur yang diwariskan secara turun temurun, karena budaya sebagai identitas sebuah bangsa,”.

Beliau juga menambahkan provinsi Kalbar khususnya Kab. Sambas dengan ragam suku, agama, budaya, bahasa, adat istiadat, kepercayaan, dan latar belakang sejarah dari etnis yang ada di tanah air, menciptakan orkestra yang saling berkaitan satu dengan yang lain, apabila dapat berjalan dengan baik dan seirama akan tercipta harmonisasi yang indah, sehingga menambah khasanah budaya Indonesia dalam Binneka Tunggal Ika.

” Kami sebagai Aparat TNI bersama Polri sangat mendukung kegiatan ini guna melestarikan adat budaya, yang terpenting didalam pelaksanaanya agar mematuhi protokol kesehatan dikarenakan masa pandemi Covid-19 belum berakhir” tutup Letda Inf Agus. (DI/Penyon 645/GTY)

Leave a Reply

Your email address will not be published.