banner 728x250

Efek Vaksin Ampuh Tangkis Covid-19

  • Share

MEMPAWAH,Mentarikhatulistiwa.id-JAJARAN TNI-POLRI yang sangat ini tengah gencar melaksanakan Serbuan Vaksinasi telah membentuk Gerai Presisi di tiap kecamatan dan bekerja sama dengan tenaga kesehatan setempat.

Selaku Kapolsek Siantan, saya mengimbau agar masyarakat tidak perlu takut akan vaksin, karena tidak punya efek samping.

Sebab, vaksin yang saat ini digunakan, sudah memiliki ijin BPOM RI dan sertifikat halal dari MUI.

Program vaksinasi nasional diluncurkan dengan tujuan agar makin banyak masyarakat yang mendapatkan vaksin.

Dengan demikian, nantinya dalam tubuh masyarakat memiliki kekebalan, sehingga tidak mudah tertular Covid-19, termasuk bertujuan untuk menekan angka kematian akibat virus Corona.

Jadi vaksinasi ini ini berfungsi untuk membentuk herd immunity pada setiap wajib vaksin agar bisa segera mengakhiri masa pandemi secepatnya.

Vaksin juga terbukti ampuh dalam menekan risiko penyebaran Corona. Hal ini terlihat dari para tenaga kesehatan (nakes) dan personel TNI-POLRI yang sudah terlebih dahulu menjalani vaksinasi.

Ini membuktikan, bahwa vaksin sangat efektif untuk mencegah penularan penyakit berbahaya ini dengan cara yang aman.

Contohnya, para nakes adalah orang pertama yang menangani pasien covid, sehingga wajib meningkatkan imunitas tubuhnya sendiri.

Para nakes bisa cepat sembuh karena hanya merasakan gejala covid yang ringan. Penyebabnya, karena mereka sudah mendapatkan vaksin Sinovac pada gelombang pertama program vaksinasi nasional, awal tahun ini.

Hal ini amat menggembirakan, karena menunjukkan efektivitas vaksin Corona pada tubuh manusia. Ketika para nakes lekas sehat, maka masyarakat yang akan diuntungkan, karena mereka bisa langsung ditangani dengan maksimal.

Bayangkan jika tidak ada tenaga medis di Rumah Sakit karena mereka tertular Corona, bagaimana dengan pasien? Maka wajar jika nakes yang mendapatkan giliran pertama untuk vaksinasi.

Saat sudah ada buktinya, maka tingkat kepercayaan masyarakat akan naik dan mereka mau divaksin dengan suka hati. Setelah divaksin, maka imunitas tubuh akan meningkat dan ketika terserang Covid-19, hanya mengalami gejala ringan.

Dalam artian, hanya seperti penyakit flu biasa, dan butuh istirahat cukup, obat-obatan, vitamin, serta makanan yang bergizi.

Masyarakat pun tak jadi takut akan vaksin, karena sudah melihat sendiri kenyataannya, bahwa vaksin bisa menggebuk Corona dan meringankan deritanya. Pasien yang kena Corona, bisa lekas sembuh dan tidak akan terancam kematian.

Apalagi saat ini sudah ada virus covid-19 varian baru seperti B 117 yang menyerang dua kali lebih ganas, sehingga vaksinasi akan penting.

Jika mengalami gejala ringan Corona maka tidak usah menginap di Rumah Sakit, karena oleh dokter diperbolehkan isolasi mandiri. Semua itu berkat jasa vaksin yang bisa membuat orang tersebut memiliki kekebalan yang lebih tinggi.

Vaksin sudah terbukti ampuh dalam mengurangi penyebaran corona. Karena ketika para nakes sehat pasca divaksin, mereka tidak akan tertular maupun menularkan virus covid-19 ke pasien. Sehingga mata rantai penyebaran corona akan terputus.

Saat penyebaran Corona sudah terhenti dan semua orang sudah divaksin, maka kita akan bisa mencapai herd immunity secepatnya.

Keadaan ini yang akan didamba-dambakan, karena semua orang punya imunitas tubuh yang baik. Sehingga kehidupan akan berjalan dengan normal tanpa ada ketakutan akan ancaman corona.

Program vaksinasi nasional terus digenjot agar selesai secepatnya. Tujuannya agar penyebaran corona tidak menggila dan orang-orang yang telah divaksin aman dari dampak fatalnya. Vaksinasi dan menjaga protokol kesehatan adalah ikhtiar untuk bebas dari Corona secepatnya.

Penulis: Iptu Rahmad Kartono – Kapolsek Siantan, Polres Mempawah

Editor : Red

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.