banner 728x250

Kapolsek Siantan Laksanakan PPKM Mikro Merupakan Tindak Lanjut Instruksi Menteri Dalam Negeri,Desa Wajok Hilir Juga Serahkan Tong Air

  • Share

Mempawah,Mentarikhatulistiwa.id– Polsek Siantan, Polres Mempawah, terus menggalang partisipasi pemerintah desa dan masyarakat untuk berperan aktif memutus mata rantai Covid-19 melalui Program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro.

Jumat (30/7/2021) tadi pagi, Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono, melaksanakan pengecekan dua titik Posko PPKM Mikro di Kecamatan Jongkat.

Yakni, di Dusun Padi RT. 002/RW. 012 Desa Wajok Hilir, dan Jalan Raya Sungai Nipah, RT. 009/RW. 002, Desa Sungai Nipah.

Kapolsek Iptu Rahmad Kartono yang didampingi Wakapolsek Ipda Eri Nurnahar, tampak disambut Kepala Desa Wajok Hilir, Abdul Majid, Kepala SDN 14 Siantan, Syawal, staf desa dan para Ketua RT.

Menariknya, dalam kunjungan itu, Polsek Siantan sukses menggalang partisipasi Kepala Desa maupun jajaran Pemerintah Desa Wajok Hilir untuk mendukung penuh kelancaran program PPKM Mikro di sektor pendidikan.

Rahmad Kartono mengatakan, pembentukan PPKM Mikro merupakan tindak lanjut Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis Mikro dan pembentukan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan.

“Tujuan PPKM Mikro di tingkat kelurahan dan desa ini adalah untuk mengendalikan penyebaran dan penularan Corona Virus Disease 2019 di masyarakat,” katanya lagi.

Sedangkan keberadaan Posko PPKM Mikro, tambahnya, adalah sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19, yang dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak dan adaptif.

Jadi, Posko PPKM Mikro ini merupakan sarana untuk pencegahan, pembinaan dan pendukung pelaksanaan penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan.

“Fungsi Posko PPKM Mikro di tingkat desa akan terus diberdayakan dan dioptimalkan. Tugasnya memonitor dan mengevaluasi data kasus daerah, serta menyusun strategi penanganannya,” imbuh Rahmad Kartono.

Yaitu, dengan meningkatkan kegiatan tracing atau penelusuran apabila ada warga yang terdeteksi terpapar Covid-19 dan menggalang kesadaran masyarakat agar patuh disiplin protokol kesehatan.

Kegiatan pengecekan Posko PPKM Mikro di Desa Wajok Hilir dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sarana cuci tangan berupa tong air kapasitas 150 liter untuk SDN 14 Siantan.

Sementara di PPKM Mikro Desa Sungai Nipah, diberikan pula bantuan berupa cairan disinfektan 5 liter dan masker sebanyak 100 buah yang kesemuanya bersumber dari alokasi dana desa.

“Pentingnya sinergitas serta kepedulian dari semua pihak dalam menghentikan pandemi ini” ungkap Rahmad Kartono

Penulis : red

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.