banner 728x250

Tingkatkan Keamanan dan Ketertiban Kepala Pengamanan Lapas Kelas II B Sungailiat Berikan Penguatan Tugas Pokok dan Fungsi Pengamanan

  • Share

MENTARI KHATULISTIWA.ID-BANGKA,Pada tanggal 25 mei 2022– Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung, Lapas Kelas II B Sungailiat.

Terwujudnya kemanan dan keteriban didalam Lapas tentunya tidak lepas dari peran petugas dalam pelaksanaan tugas sehari – hari. Untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di Lapas Kelas II B Bukit Semut Sungailiat, jajaran pengamanan diberikan penguatan tugas dan fungsi Pokok Pengamanan pada Rabu (25/05) pagi.

Kegiatan kali ini dipimpin langsung oleh Kalapas dan Kepala Keamanan Lapas Kelas IIB Bukit Semut Sungailiat Dodik Harmono, A.Md Ip, SH, MH didampingi oleh Staf dari jajaran Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) dan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib). Kegiatan dilaksanakan di Aula Lapas Bukit Semut Sungailiat

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota regu pengamanan, staf KPLP dan Staf Kamtib. Penguatan kali ini memang difokuskan kepada jajaran pengamanan agar bekerja sesuai dengan SOP, karena jajaran pengamanan merupakan jajaran yang berhubungan langsung dengan kegiatan pengamanan di Lapas.

“Pada kegiatan kali ini jajaran diberikan arahan agar bekerja sesuai dengan SOP yang ada di Lapas Kelas II B Bukit Semut Sungailiat ” jelas Dodi.

Selain itu, dikatakan Dodik pihaknya juga mengantisipasi pencegahan barang-barang terlarang yang masuk ke dalam Lapas dari mulai titipan barang/makanan pengunjung maupun barang2 yang didalam ataupun yang akan masuk hunian warga binaan yang dianggap tidak boleh secara aturan masuk kedalam Lapas. Dengar kabar pada bulan Juni, juli atau agustus apabila Covid 19 udah menurun kunjungan/besukan untuk keluarga Warga binaan/tahanan di Lapas/rutan seluruh indonesia akan dibuka. Masih berupa isu2 publik karena kami pribadi yang bekerja di lapangan khususnya di lapas sungailiat, masih menunggu kabar dari Pusat. Pungkas dodik.

Mengantisipasi hal tersebut, lapas sungailiat berupaya mencegah barang terlarang masuk kedalam lapas apabila nanti kunjungan/besukan di laksanakan. Karena hal ini menjadi kewaspadaan bagi Lapas agar pelaksanaan penerimaan kunjungan nanti apabila dilaksanakan di tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan humanis Sesuai dengan aturan dan SOP yang berlaku di Lapas Kelas II B Sungailiat.

“Pelaksanaan Proses Pengamanan titipan barang/makanan saat ini wajib sesuai dengan SOP secara tertib, tidak ada pungli dan dilakukan dengan humanis serta teliti agar tidak ada Barang terlarang masuk kedalam Lapas” tegas Dodi.

Dodi juga menekankan kepada seluruh jajaran pengamanan untuk selalu bisa menjadi Orang Tua yang bisa mengasuh warga binaan seperti Orang tua yang mengasuh anaknya di Lapas Kelas II B Bukit Semut Sungailiat.

Terakhir Dodi juga mengharapkan agar seluruh lapisan masyarakat agar bisa menerima Warga binaan yang keluar dari Lapas sebagai masyarakat biasa yang bisa bekerja seperti biasa dan bahkan lebih baik lagi dari sebelumnya karena di dalam Lapas mereka dibekali dengan ilmu agama, keterampilan dan keahlian serta selalu diingatkan agar tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum.(EDI WAHONO)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.