banner 728x250

Kantor BPN Sanggau Lounching
3 layanan Inovasi dan Penyerahan Sertipikat Secara Simbolis

  • Share

SANGGAU,mentarikhatulistiwa.id – Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Sanggau melangsungkan Peresmian (Launching) 3 layanan inovasi dan penyerahan sertipikat secara simbolis di Kantor ATR/BPN di Jalan Jendral Sudirman No 8 Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Selasa (31/5).

Kepala Kantor BPN Kabupaten Sanggau Komarudin mengatakan, dalam rangka melaksanakan rangkain Zona Integritas, Kantor badan Pertanahan Kabupaten Sanggau selalu berinovasi berupaya memperbaiki mutu pelayanan pertanahan untuk menuju WBK/WBBM.

Lanjutnya” Hari ini BPN Kabupaten Sanggau melaunching inovasi layanan khususnya layanan penyerahan sertipikat,” ungkap Komarudin.

Komarudin katakan Layanan penyerahan sertipikat itu terdiri dari 3 layanan, 2 inovasi sudah dilaksanakan beberapa tahun yang lalu, sedangkan yang 1 inovasi sengaja dilaunching pada hari ini.

“3 inovasi layanan ini sangat terkait antara satu, dua dan tiga. Adapun masing-masing layanan itu adalah, ambil sertifikatmu di MPP (Mal Pelayanan Publik) tidak usah ke kantor dan yang ke dua ambil sertifikatmu di pintu gerbang, tidak usah naik ke atas. Inovasi yang ke tiga uju atr OTW kami OTW antar sertifikatmu,” jelasnya.

2 dari 4 halaman
Menurut Komarudin penyerahan sertipikat di Pintu Gerbang tersebut dilaksanakan dengan mempertimbangkan kondisi Kantor Pertanahan Kabupaten Sanggau yang terletak diatas bukit.

“Sehingga masyarakat enggan naik keatas apalagi bagi pejalan kaki, sehingga dengan menyerahkan sertipikat di Pintu Gerbang pemohon tidak perlu naik keatas,” bebernya.

Masyarakat atau pemohon penerima penyerahan sertifikat di pintu gerbang ini, sebelumnya sudah diinformasikan lebih dulu melalui surat atau informasi lewat telpon,watsApp dan lainnya, untuk mengambil sertifikat cukup di pintu gerbang saja

“Untuk Inovasi layanan ke satu sebenarnya sudah ada sebelumnya yaitu, layanan yang ada dilayanan Mall Pelayanan Publik (MPP) dimana, BPN saat ini hanya melayani 5 pelayanan saja yaitu satu. Roya, ke dua SKPT, dan yang ke tiga Informasi Pertanahan, dan ke empat Pengaduan, layanan ke lima yaitu Konsultasi, kemudian kami tambah lagi satu layanan yang ke enam berupa layanan Penyerahan Sertipikat yang saat ini kami launching,” terangnya.

Untuk inovasi ke tiga menurut Komarudin iyalah penyerahan sertipikat yang diantar langsung ke alamat atas nama setipikat dengan jasa (Uju ,Ater, OTW), dimana layanan Uju Ater OTW ini sudah dilaksanakan beberapa tahun yang lalu, yang melayani khusus wakaf, lansia dan disabilitas.

3 dari 4 halaman
“Untuk hari ini kami melaunching 3 layanan pertanahan yang saling terkait, yakni penyerahan sertipikat di Pintu Gerbang yang hanya dilaksanakan mulai pukul 09.00-11.00 wib, jika tidak diambil maka bisa diambil di MPP pukul 13.00-15.00 wib, Jika sertipikat tersebut belum juga diambil atau tidak diambil, besok hari nya kami bertanggung jawab mengantar ke alamat pemohon menggunakan Uju Ater OTW,” tuturnya.

Sementara, Staf ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Shopiar Juliansyah yang hadir di acara tersebut menyampaikan, Pemkab Sanggau dalam hal ini telah bekerjasama dengan BPN dalam hal menyediakan tempat pelayanan seperti MPP.

“Dan Pemkab Sanggau meberikan apresiasi atas terobosan yang di lakukan BPN yang telah berinovasi dalam memberikan segala kemudahan bagi mayarakat dalam hal pengurusan setrtipikat tanah melalui inovasi yang di buat BPN,” tandasnya.

Acara Launching layanan inovasi yang di laksanakan di Kantor ATR/BPN Kabupaten Sanggau di hadiri oleh Kepala BPN Sanggau Komarodin, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Shopiar Juliansyah,Kabid penanaman Modal Suharto, Notaris PPATK Sanggau dan Sekadau serta para wartawan dan tamu undangan lainnya juga masyarakat yang langsung menerima setipikat yang sudah jadi dan di serahkan ke pemiliknya hari ini juga (Red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.