banner 728x250

Wajib Direvisi Jika HGU Masuk Dalam Lahan Milik Masyarakat

  • Share

Sekadau, Mentarikhatulistiwa.id. menanggapi hangatnya topik pembicaraan terkait adanya masyarakat yang mengelukan Hak atas kepemilikan tanah milik mereka yang diduga masuk dalam HGU di beberapa perusahaan yang bergerak dalam usaha perkebunan, Mendapat respon positif dari Wakil Rakyat Sekadau yang duduk diparlemen dari fraksi Hanura Liri Muri. SE . Anggota DPRD Komisi B tersebut mengatakan bahwa jika benar adanya tanah milik warga masuk dalam HGU sebuah perusahaan, wajib untuk di revisi .

” Masalah HGU wajib direvisi, ketika kaitannya dengan hak masyarakat sebagai contoh HGU Perusahaan perkebunan misalnya ketika ada daerah di Kabupaten Sekadau mendapat masalah,masyarakat menuntut hak atas tanahnya sementara HGU juga berada disitu, Kedua belah pihak antara masyarakat dan perusahaan harus musyawarah, Mufakat untuk merevisi HGU tersebut, ” kata Liri Muri saat di konfirmasi Mentarikhatulistiwa.id., Rabu 1 Juni 2022 .

Mantan aktififis Sekadau ini juga menerangkan, Wajib Hukumnya bagi perusahan untuk melepaskan Hak Guna Usaha tersebut kepada masyarakat, agar masyarakat bisa memanfaatkan Hak mereka untuk bisa membuat sertifikat melalui BPN.

Perlu diketahui bersama, tidak mungkin perusahaan punya HGU di perkampungan dan tanah masyarakat yang mereka kelola, lantas perusahaan melakukan aktivitasnya di situ. Oleh karena itu instansi terkait, pemerintah dan perusahaan harus cepat mengambil langkah agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan kedepannya akibat adanya masalah tumpang tindih HGU dengan Hak masyarakat, tegasnya.

selain itu pihak desa, masyarakat, perusahaan, BPN, instansi terkait dan pemerintah juga harus berperan Aktif hadir dalam menyelesaikan masalah HGU tersebut, ” tutupnya. (Boim)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.