Berita  

Kodim 1016/Plk GelarPelatihan Beta (Bela Eksistensi Tanah Air) Talawang I bagi Mantan Napi

PALANGKA RAYA,Mentarikhatulistiwa.id – Pelatihan Bela Negara ‘Bela Eksistensi Tanah Air’ (BETA) Talawang I Kodim 1016 Palangka Raya tahun 2022, secara resmi dibuka Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin dan Komandan Korem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, S.E., M.M., di Batalyon Infanteri Raider 631 Antang, Senin (11/7).

Sebanyak 200 peserta terdiri dari mantan narapidana (napi) dan preman wilayah Kodim 1016/Plk dari Kota Palangka Raya dan Kabupaten Gunung Mas dibina dan dibentuk secara keseluruhan fisik, mental dan keterampilan oleh Kodim 1016/Plk dengan melibatkan Yonif R 631/Atg, Polres Palangka Raya, Kejaksaan, dan BNNK Palangka Raya.

“Peserta yang mengikuti kegiatan Bela Negara Betae Talawang I ini lolos atas benar-benar seleksi ketat dan terukur. Di awal mereka diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran, dilanjutkan dengan mengikuti tes wawancara serta pemeriksaan kesehatan,” jelas Danrem.

Orang nomor satu di jajaran Korem 102/Pjg ini berpesan kepada para peserta agar mengikuti pelatihan Bela Negara Beta Talawang I dengan sebenar-benarnya didasari dengan tekad yang tulus dan kuat.

“Disini kalian dilatih untuk mencintai bangsa dan negara. Melindungi masyarakat serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan segenap jiwa dan raga,” tegas Danrem.

Dihari pertama, para peserta diberi materi perkenalan tradisi satuan (orentasi). Mulai dari baris berbaris, merayap, berguling dan membentuk barisan ditengah lapangan yang disaksikan para tamu undangan.
Meski beberapa diantaranya terlihat lelah mereka tetap semangat melanjutkan kegiatan hingga selesai. Ini menandakan para peserta benar-benar serius untuk mengikutie pelatihan Bela Negara Beta Talawang I yang diinisiasi oleh Danrem 102/Pjg.

Usai kegiatan, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menyampaikan apresiasinya kepada Korem 102/Pjg beserta jajaran atas kegiatan yang digelar. Ia berharap para Napi dan Preman yang mengikuti pelatihan, dapat berubah secara keseluruhan dari pribadi sebelumnya.

“Saya yakin, dibawah binaan Korem 102/Pjg melalui Kodim 1016/Plk, pribadi para peserta akan berubah meniadi lebih baik. Sedikit yang bisa sampaikan kepada para peserta, ‘Lakukan Yang Terbaik’,” pesan Fairid.

Ditempat yang sama Dandim 1016/Plk Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, SAP, MPM, HAN, menambahkan, pelatihan Bela Negara Beta Talawang I ini difokuskan untuk merubah mindset perilaku para peserta dimana mungkin selama ini muncul stigma-stigma negatif terhadap mereka.

“Melalui pelatihan ini diharapkan cara pikir mereka dapat berubah, dan tentu akan menghilangkan stigma negatif dari lingkungan terhadap mereka. Sehingga nantinya mereka punya andil untuk berperan membela negara khususnya di Kota Palangka Raya membantu pemerintah serta semakin peduli terhadap lingkungan sekitarnya,” harap Dandim.

Kegiatan pembukaan Pelatihan Bela Negara ‘Bela Eksistensi Tanah Air’ (BETA) Talawang I Kodim 1016/Palangka Raya tahun 2022 ini dihadiri oleh sejumlah pejabat publik antara lain Danrem 102/Pjg, Wali Kota Palangka Raya, Kasiter 102/Pjg, Dandim 1016/Plk, Danyonif Raider 631/Atg, para Dan/Ka Balak Ajurem, Kejari Palangka Raya, Kepala BNN kota, Kasat Pol PP kota, Camat, Lurah, sejumlah Ormas, serta tamu undangan lainnya
( RD)

Leave a Reply

Your email address will not be published.