19 Ruko Pasar Sungai Pinyuh Ludes Dilahap Sijogo Merah

Mempawah,Mentarikhatulistiwa.id- Sebanyak 19 rumah toko (ruko) yang berlokasi di Pasar Sungai Pinyuh Jalan Jurusan Mempawah Pontianak pada Rabu pagi (13/7/2022) sekitar pukul 08.05 Wib ludes terbakar. Beberapa ibu-ibu terlihat berteriak histeris dan menangis melihat kejadian tersebut.

Kejadian itu tak ayal membuat panik warga. Tak hanya disekitar lokasi, namun warga Sungai Pinyuh lainnya juga ikut panik karena melihat kumpulan asap tebal dari kejauhan.

Kejadian berlangsung cepat, sehingga membuat warga tidak sempat menyelamatkan barangnya. Namun demikian, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, hanya harta benda penghuni sebagian besar tidak dapat diselamatkan karena sudah habis dilahap si jago merah.

Dari hasil pantauan Mentari Khatulistiwa dilapangan, beberapa Unit mobil pemadam kebakaran tersebut terlihat berjuang memadamkan api. Mereka dibantu warga dan aparat keamanan seperti TNI dan Kepolisian. Butuh 2 jam bagi petugas pemadam untuk menjinakan api. Anggota TNI dan Kepolisian juga terlihat sigap melakukan pengamanan dan mengatur jalannya lalu lintas agar arus kendaraan berjalan lancar.

Menurut salah seorang warga sekitar, Wahyu mengatakan, disaat melintas di lokasi kebakaran dirinya melihat api yang begitu besar keluar dari ruko. Melihat hal tersebut, dirinya langsung memangil warga sekitar untuk memadamkan api. Namun dikarenakan peralatan yang terbatas, maka api pun menghanguskan rumah toko seluruh isinya.

“Saya melihat api sudah besar membakar di bagian atas ruko, lalu saya teriak memanggil warga sekitar dan kami berupaya memadamkan api dengan peralatan apa adanya. Kondisi api yang cukup besar tidak sebanding dengan upaya warga untuk memadamkannya,” ungkapnya.

Menurut salah satu Anggota Satuan Polisi Militer (PM) Dodi Prayoga membenarkan, kebakaran tersebut terjadi di Pasar Sungai Pinyuh. Menurut dia, kebakaran terjadi berlangsung dengan sangat cepat. Kebakaran diketahui sekitar pukul 08.05 WIB, disaat dirinya sedang menaikan bendera merah putih bersama Fajri anggota lainnya.

“Saat menoleh ke sebelah kantor, saya melihat kumpulan asap tebal keluar dari atap rumah toko (ruko). Kebakaran terjadi berlangsung dengan sangat cepat, dalam hitungan menit terlihat api membesar sehingga menjalar kebagian ruko yang lainya,” pungkasnya. (Yanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published.