Polres Sarolangun Siapkan Pengamanan Pawai Obor 1 Muharam 1444 Hijriah

SAROLANGUN,mentarikhatulistiwa.id-Pawai obor menjadi tradisi masyarakat muslim dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah. Polres Sarolangun melakukan pengamanan pawai obor di wilayah Kecamatan Sarolangun dan sekitarnya.

“Kita akan pastikan kegiatan tersebut semuanya dalam pengamanan Polres ya,” kata Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cajyono. Sik melalui Kabag Ops Kompol A. Bastari. SH, MH saat dihubungi, Jumat (29/7/2022).

Kabag Ops mengatakan sebanyak 77 personel diturunkan untuk mengamankan pawai obor dan ditempatkan pada titik persimpangan. Dia menyebut pengamanan kegiatan juga dibantu oleh pihak Kecamatan, Kelurahan serta Karang Taruna Kecamatan Sarolangun yang akan turut mengawasi kegiatan masyarakat itu.

Ditempat terpisah Kapolsek Sarolangun Iptu Dwiyatno, SH, MH mengatakan pawai obor hanya dipusatkan di satu titik di Kecamatan Sarolangun. Dia menyebut pawai obor dihadiri para pelajar.

“Pawai obor itu akan dimulai selepas salat Isya. Kapolsek berharap gelaran pawai obor tidak berlangsung terlalu lama agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita harapkan mudah-mudahan nggak terlalu lamalah karena kan biasanya kan pawai ini kan pawai jalan kaki, anak-anak, mungkin sekitar jam 22.00 sudah selesai,” tuturnya.

Polisi Tak Larang Pawai Obor.

Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, Sik mengatakan pihaknya tidak melarang kegiatan pawai obor ini. Akan tetapi, pelaksanaan pawai obor ini diharapkan tidak mengganggu kelancaran lalu lintas.

“Kita pada prinsipnya tidak melarang, hanya saja diharapkan masyarakat tetap menjaga prokes dan tidak mengganggu lalu lintas,” ujar Kapolres. ( Sr )..